Terapkan Prinsip PPEPP, LPM UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Selenggarakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM)

Tulungagung, 11 Desember 2023 – Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengadakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) dengan tujuan menerapkan prinsip Penjaminan Mutu Pendidikan dan Pengelolaan Penjaminan Mutu (PPEPP). Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh unit, program studi, dan pimpinan UIN Satu Tulungagung.

Penjaminan mutu di UIN Satu Tulungagung diintegrasikan sebagai kebutuhan bersama bagi semua organ atau unit kerja di lingkungan universitas. Dalam sebuah pendekatan sistemik, penjaminan mutu dirancang untuk meningkatkan kualitas universitas secara terencana dan berkelanjutan. Kerjasama dan koordinasi di seluruh organ universitas menjadi kunci utama dalam menjalankan tahapan penjaminan mutu yang melibatkan penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan standar.

RTM, yang dihadiri oleh unit-unit, program studi, dan pimpinan UIN Satu Tulungagung, menjadi wadah untuk mengkoordinasikan langkah-langkah penjaminan mutu. Prof. Dr. Agus Zaenul Fitri, Ketua LPM, menyatakan, “Hasil audit, monitoring, dan evaluasi yang merupakan bagian dari tahapan evaluasi mutu yang dilakukan oleh LPM memerlukan dukungan dan tindak lanjut dari pihak-pihak terkait agar dapat mencapai tahap pengendalian dan peningkatan mutu.”

Rapat Tinjauan Manajemen merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dalam rangkaian kerja penjaminan mutu di UIN Satu Tulungagung. Materi dalam RTM mencakup hasil audit mutu internal, penilaian kinerja dosen, pelayanan akademik, perpustakaan, pelaporan Badan Kepegawaian Daerah (BKD), pelaksanaan Magang Belajar Kerja Mandiri (MBKM), dan akreditasi program studi.

RTM menjadi forum strategis untuk menentukan langkah-langkah tindak lanjut yang perlu diambil dalam upaya pengendalian dan peningkatan mutu di UIN Satu Tulungagung. Melalui kegiatan ini, LPM berkomitmen untuk terus meningkatkan pelaksanaan RTM guna memperkuat sistem penjaminan mutu di lingkungan universitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *