Kepala Pusat Kurikulum UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Lakukan Pendampingan Penyusunan RPS OBE ke Masing-Masing Prodi

20 Desember 2022

UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menegaskan komitmennya untuk menerapkan kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE). Komitmen ini diwujudkan melalui pelaksanaan pendampingan penyusunan kurikulum di masing-masing prodi di seluruh Fakultas.

Bapak Dr. Syaiful Hadi, M.Pd, menjelaskan bahwa workshop ini difokuskan pada implementasi kurikulum. “Hari ini kami mengimplementasikan materi tentang penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), terutama dalam Rencana Program Studi (RPS),” ungkap Bapak Syaiful Hadi.

Penerapan kurikulum berbasis OBE dianggap sebagai bagian penting dalam upaya memenuhi persyaratan akreditasi, yang diharapkan dapat terpenuhi hingga mencapai 50%. Dalam pendampingan ini, setiap perwakilan program studi menyampaikan hasil penyusunan CPL dan CPMK yang kemudian dievaluasi.

Selain itu, Dr. Syaiful Hadi, M.Pd, menekankan pentingnya integrasi nilai-nilai moderasi beragama, islam rahmatan lil’alamin, Penelitian, dan Pengembangan Masyarakat dalam RPS yang terintegrasi dengan kurikulum berbasis OBE. RPS menjadi panduan utama dalam proses perkuliahan, yang harus selaras dengan profil lulusan dan terus disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Kurikulum berbasis OBE memperhatikan kebutuhan mahasiswa, sehingga dosen dapat memberikan layanan yang terbaik sesuai dengan profil lulusan,” ungkap Bapak Syaiful Hadi. Ia juga menegaskan bahwa setiap program studi harus memiliki profil lulusan sebagai komitmen dalam melaksanakan kurikulum berbasis OBE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *