Peninjauan Kurikulum: Upaya Meningkatkan Kualitas Berbasis Pertukaran Pelajar (MERPATI) dan MBKM-OBE

Tulungagung, 13 Februari 2022 – UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menggelar review kurikulum dengan fokus pada peningkatan kualitas Kualitas Berbasis Pertukaran Pelajar (MERPATI) dan Kurikulum MBKM-OBE. Review tersebut dihadiri oleh sekitar 60 orang yang terdiri dari Wakil Dekan I dan Ketua Program Studi di lingkungan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Dalam review tersebut, Bapak Dr. Syaiful Hadi, M.Pd, selaku Kepala Pusat Kurikulum UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, memberikan pengantar mengenai pentingnya penyesuaian kurikulum dengan perkembangan teknologi digital serta implementasi Konsep Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM). “Kurikulum harus mampu menjangkau dan mendukung kebutuhan mahasiswa di era digital ini,” ungkapnya.

Review ini bertujuan untuk menetapkan karakteristik pendidikan berbasis digital (MERPATI) dan Kurikulum MBKM-OBE yang sesuai dengan tuntutan zaman dan perkembangan terkini. Di samping itu, juga untuk meninjau dan mengevaluasi implementasi kurikulum yang sudah ada serta mengidentifikasi area perbaikan yang perlu dilakukan.

Dalam diskusi, peserta review secara aktif memberikan masukan dan pemikiran terkait dengan pengembangan kurikulum yang lebih adaptif terhadap kemajuan teknologi. Beberapa topik yang dibahas antara lain adalah peningkatan kualitas pembelajaran online, integrasi teknologi dalam proses pembelajaran, dan penguatan kompetensi digital bagi mahasiswa dan dosen.

Hasil dari review ini akan menjadi dasar untuk penyusunan rencana aksi dan perbaikan kurikulum yang akan dilaksanakan oleh seluruh prodi di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Diharapkan dengan adanya review ini, UIN SATU dapat terus beradaptasi dengan perkembangan zaman dan memberikan pendidikan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan tuntutan industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *