ANTUSIAS TINGGI PERTUKARAN PELAJAR MAHASISWA UIN: Sosialisasi Program BKP MBKM di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Tulungagung, 25 Agustus 2023 – Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, selalu berusaha memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswanya dengan menyelenggarakan acara sosialisasi Bentuk Kegiatan Pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (BKP MBKM) Bagi Dosen dan Mahasiswa semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024. Acara ini diadakan di Gedung Syaifuddin Zuhri Lantai 6 UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dimulai dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Sebanyak 150 mahasiswa dan 50 dosen dari berbagai prodi hadir dengan semangat tinggi, siap untuk menggali informasi dan wawasan baru yang dihadirkan oleh kegiatan tersebut.

Kegiatan dimulai dengan sambutan hangat dari Bapak Asrof Syafi’i, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dalam sambutannya, Bapak Asrof menyampaikan “Pentingnya mendukung pengembangan ilmu pengetahuan melalui berbagai program yang disediakan oleh universitas. Ia mengakui peran penting BKP MBKM dalam memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat dalam pertukaran ilmu dan pertukaran kajian pengetahuan dalam lintas PTKIN”

Mendorong Pertukaran Pelajar Melalui MERPATI

Setelah sambutan pembukaan yang inspiratif, giliran Bapak Syaiful Hadi, Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum, untuk menjadi pemateri utama. Dengan penuh antusias, Bapak Syaiful memperkenalkan Program BKP MBKM dengan rinci. Ia menyoroti bagaimana program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di perguruan tinggi lain. Salah satu poin menarik yang diungkapkan oleh Bapak Syaiful adalah ajakan untuk mahasiswa semester V agar mengikuti kegiatan pertukaran pelajar melalui akun MERPATI (Media Pendidikan Riset dan Pengabdian Tulungagung). Dengan semangat, Bapak Syaiful berbagi, “Melalui pertukaran pelajar, mahasiswa dapat saling bertukar ilmu pengetahuan, pengalaman, dan membentuk jaringan yang akan sangat berharga di masa depan.”

Sesi pemateri ini diikuti oleh sesi tanya jawab yang berlangsung hangat. Mahasiswa tampak sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan seputar pelaksanaan Program BKP MBKM, proses seleksi, dan detail peluang yang dapat diakses melalui program tersebut. Beberapa mahasiswa juga berbagi pandangan mereka tentang potensi manfaat dari pertukaran pelajar melalui akun MERPATI.

Acara sosialisasi Program BKP MBKM di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung berjalan dengan lancar dan tertib. Kehadiran para mahasiswa dan dosen yang aktif serta antusias dalam acara ini membuktikan semangat mereka untuk menjelajahi peluang baru dan memaksimalkan pengalaman kuliah mereka. Melalui program ini, diharapkan bahwa kerja sama antara mahasiswa dan dosen dapat terus ditingkatkan, memberikan dampak positif pada perkembangan akademik dan profesional mereka.

Optimis dalam Memulai Semester Ganjil

Dalam era di mana perubahan begitu cepat, langkah-langkah proaktif seperti ini memainkan peran penting dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan global dan meraih peluang yang ada di depan. Pada akhirnya, acara sosialisasi Program BKP MBKM di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung bukan hanya sekadar pertemuan rutin, tetapi merupakan cermin dari semangat berinovasi dan tekad untuk menciptakan mahasiswa yang berdaya saing di tingkat global. Langkah-langkah proaktif ini tidak hanya memberikan manfaat bagi individu, tetapi juga menciptakan dampak positif dalam mencapai tujuan-tujuan strategis universitas dan kontribusi terhadap kemajuan masyarakat secara keseluruhan. Dengan semangat baru yang ditemukan dalam acara sosialisasi ini, mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung siap untuk menjalani semester ganjil dengan penuh semangat dan keyakinan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *