Mensukseskan Bulan Audit UIN SATU Tulungagung: LPM Melakukan Audit Mutu Internal

Tulungagung, 7 Agustus 2023 – Universitas Islam Negeri (UIN) Satu Tulungagung melakukan langkah besar dalam mewujudkan standar mutu internal yang tinggi dengan melaksanakan audit mutu internal (AMI) secara serentak di berbagai program studi dan unit di lingkungan kampus. Kegiatan ini bertujuan untuk menilai tingkat kesesuaian pelaksanaan kegiatan terhadap standar internal organisasi, peraturan, prosedur, dan instruksi kerja.

Pelaksanaan AMI dilakukan setiap tahun sekali mulai bulan Juli hingga Desember 2023, mencakup semua tingkat program studi (S-1, S-2, S-3) serta unit-unit lainnya di UIN SATU Tulungagung. Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) menjadi pihak yang bertanggung jawab untuk mengevaluasi dan memastikan kualitas serta keefektifan program studi yang dikelola.

Audit mutu internal ini fokus pada pemantauan pemenuhan standar akademik, kualitas pengajaran, dan layanan pendidikan yang telah ditetapkan oleh lembaga penjaminan mutu. Para auditor yang terlibat dalam proses ini telah mendapatkan sertifikat audit dari Lembaga Decra, menjamin kualitas evaluasi internal yang dilakukan.

Moh. Arif, selaku Kepala Pusat Audit, menyampaikan bahwa dalam periode audit kali ini, mereka menggunakan aplikasi dari SmartCampus. Proses audit melibatkan dua tahap utama, yakni pemenuhan dokumen dan peninjauan dokumen. Dengan penekanan pada perbaikan terus-menerus, Arif mengajak para auditor untuk bekerja dengan baik dan melakukan yang terbaik dalam memastikan kualitas dan keefektifan program studi di UIN SATU Tulungagung.

“Titik tekan pada periode ini adalah perbaikan secara terus menerus. Selamat bekerja buat para auditor, dan lakukan yang terbaik,” ujar Moh. Arif.

Dengan adanya AMI, UIN SATU Tulungagung menunjukkan komitmen mereka dalam meningkatkan mutu institusi dan mengurangi risiko ketidaktercapaian standar, serta menjadikan kampus sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas dan berorientasi pada peningkatan pelayanan pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *