LPM UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Melaksanakan Kegiatan Refreshment Asesor BKD dan Peningkatan Kualitas Tridarma Perguruan Tinggi

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengadakan kegiatan Refreshment Asesor BKD dan Peningkatan Kualitas Tridarma Perguruan Tinggi pada tanggal 9 Juli 2024 di Hotel Crown Victoria Tulungagung. Kegiatan dihadiri seratus peserta dari kalangan asesor BKD dan tendik UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pemateri kegiatan refreshment ini adalah Ibu Mussandingmi Elok Nurul Islam (pengendali sister di Dirjen Pendis) dan Bapak Rizky Tito Prasetyo (Tim Sister BKD Dikti).

Acara dibuka pukul 08.00 oleh Ketua LPM, Prof. Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd., yang menyampaikan tujuan dan agenda refresment, yaitu (1) menyamakan persepsi asesor tentang BKD berbasis smartcampus dan sister; (2) pentingnya kenaikan jabatan berbasis sister, dan (3) laporan jumlah peserta seratus orang dari unsur asesor BKD internal dan tendik. Selanjutnya, Wakil Rektor I UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Prof. Dr. Abad Badruzaman, L.c., M.Ag., memberikan pengarahan serta membuka acara secara resmi. Dalam pengarahannya, beliau menyampaikan tentang pentingnya peningkatan jenjang karier melalui aplikasi sister dan peningkatan kualitas dosen.

Acara selanjutnya adalah penyampaian materi pertama oleh Ibu Mussandingmi Elok Nurul Islam, pengendali Sister di Dirjen Pendis. Beliau menyampaikan saat ini Kementerian Agama belum mengeluarkan regulasi atau kewajiban penggunaan Sister untuk BKD pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Regulasi masih diserahkan kepada PT masing-masing dan membebaskan penggunaan aplikasi internal atau Sister. Namun saat ini, tekah dibuka layanan kenaikan jabatan fungsional dosen bidang ilmu umum di aplikasi Sister. Hal itu menunjukkan tidak menutup kemungkinan ke depan LBK wajib ditarik terintegrasi melalui Sister.

Pemateri kedua, Bapak Rizky Tito Prasetyo, menyampaikan materi melalui Zoom Meeting. beliau adalah Tim Sister BKD Dikti.  Beliau menyampaikan tentang menu aplikasi Sister dan alur pelaporan BKD melalui aplikasi Sister.

Seluruh kegiatan berlangsung interaktif dan peserta tampak antusias. Banyak peserta yang mengajukan pertanyaan kepada kedua pemateri. Jawaban dari pemateri memberikan pencerahan sekaligus semakin mendekatkan para peserta kepada Sister.

Acara ditutup dengan penegasan komitmen bersama untuk menerapkan pelaporan BKD melalui aplikasi Sister di lingkungan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pelaporan BKD melalui Sister disepakati diberlakukan semester depan, yaitu periode 2024-2025 ganjil. Seluruh peserta sepakat untuk terus meningkatkan kualitas tridarma perguruan tinggi di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *